Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jutaan Nahdliyin Bakal Hadiri 1 Abad NU di Sidoarjo, PBNU Serukan Kader NU Turun Gunung

Kompas.com - 29/01/2023, 13:05 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyerukan semua kader NU untuk turun gunung ke Sidoarjo, Jawa Timur, untuk berpartisipasi aktif pada perayaan 1 Abad NU.

"Kami meminta seluruh kader NU di pelosok nusantara dalam posisi dan kondisi apapun untuk berpartisipasi aktiif pada perayaan 1 Abad NU di Sidoarjo. Kami minta untuk ambil peran, ikut melayani para nahdliyin, warga, para pecinta NU dan rakyat Indonesia yang akan hadir," imbau Wakil Sekretaris Jenderal PBNU H Rahmat Hidayat Pulungan kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Menurut Rahmat, perayaan 1 Abad NU di Sidoarjo nanti merupakan sebuah perhelatan akbar dan bersifat sakral bagi kaum nahdliyin.

Baca juga: Jokowi Ikut Jalan Sehat Harlah NU di Solo Bersama Ibu Negara dan Jan Ethes

Para nahdliyin ini memiliki niat mengambil berkah dari keistimewaan NU yang bisa bertahan 1 abad. Kehadiran mereka ke Sidoarjo menjadi perjalanan spiritual.

Selain itu, jutaan warga nahdliyin yang akan hadir ini juga ingin menjadi bagian dan saksi sejarah 1 Abad NU. Sebab, mereka tak mungkin bisa hadir lagi pada peringatan NU di abad-abad selanjutnya karena usia tidak akan sampai.

Menurut Rahmat, jutaan orang dipastikan menghadiri puncak 1 Abad NU. Mereka akan bergelombang hadir di Sidoarjo selama 24 jam.

"NU itu hadir untuk semua kalangan, golongan dan lapisan masyarakat," tandasnya.

Karena akan hadirnya jutaan warga NU ke acara akbar ini, PBNU minta semua kader NU turun gunung. Selain ikut bersyukur dan merayakan puncak resepsi 1 Abad NU, para kader diharapkan ikut membantu melayani jemaah yang hadir.

"Jutaan jemaah yang hadir perlu mendapat kualitas pelayanan yang baik dan prima. Panitia akan sangat terbantu kalau ada partisipasi kader NU lain," kata Rahmat.

"Kegiatan puncak 1 Abad ini berjalan selama 24 jam nonstop. Jemaah dan warga yang hadir akan datang bergelombang. Partisipasi para kader ini akan memberikan energi positif untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi semuanya," katanya.

Diketahui, PBNU akan menggelar Resepsi Puncak Satu Abad NU, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023). Acara ini merupakan puncak berbagai program kegiatan menyambut Harlah ke-100 NU atau Satu Abad NU.

Event ini adalah kegiatan seremonial yang menjadi simbol kebangkitan baru menuju Abad Kedua NU. Acara dilaksanakan dengan membawa tiga momentum dasar yakni Spiritual, Struktural dan Kultural.

Peringatan 1 Abad NU ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga negara, duta besar negara sahabat, 300 ulama internasional, PBNU, pimpinan organisasi keagamaan, sejuta kader NU dan media cetak serta elektronik.

Acaranya berlangsung selama 24 jam nonstop.

Rundown acara

Sementara itu, ada sejumlah titik yang dipakai untuk melaksanakan event ini, di antaranya Panggung Parkir Timur Stadion, Panggung Outdoor, dan Indoor Stadion.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com