Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Raung Naik Level Waspada, Warga Diimbau Tak Beraktivitas pada Radius 3 Km

Kompas.com - 29/07/2022, 13:54 WIB
Rizki Alfian Restiawan,
Priska Sari Pratiwi

Tim Redaksi


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI merekomendasikan kepada lintas sektoral berkoordinasi terkait peningkatan status Gunung Raung dari siaga menjadi waspada.

Hal itu sesuai surat resmi bernomer 380.Lap/GL.05/BGL/2022, tertanggal 29 Juli 2022, yang ditandatangani oleh Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono.

Dalam surat itu, pemerintah daerah dan BPBD Provinsi Jawa Timur, serta BPBD Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember agar berkoordinasi dengan PVMBG atau Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung.

Baca juga: Status Gunung Raung Naik Level Waspada

Surat resmi yang diumumkan oleh Kepala Pos PGA Raung Mukijo itu juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 kilometer.

Badan Geologi juga meminta kepada masyarakat di sekitar Gunung Raung untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Raung.

Selain itu, juga senantiasa mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi dan Jember.

Diketahui, status gunung yang terletak di tiga kabupaten itu, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, naik dari level I normal ke level II waspada pada Jumat (29/7/2022). 

Dalam rilis resmi itu, bagian dasar kaldera Kawah Gunung Raung masih memperlihatkan aktivitas yaitu ditandai dengan adanya hembusan solfatara atau fumarola.

Baca juga: Gunung Raung Meletus, Pengunjung Dilarang Mendaki

Dijelaskan, anomali panas yang terekam oleh citra satelit Terra dan Aqua di permukaan kawah, terdeteksi pada tanggal 28 Juli 2022 sebesar 2 mW.

Hal itu mengindikasikan bahwa ada dinamika magma pada permukaan kawah Gunung Raung.

Pemodelan GPS mengonfirmasi bahwa telah terjadi inflasi di satu titik yang jaraknya lebih dari 10 km dari puncak pada permukaan kawah Gunung Raung periode Juni-Juli 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com