Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Calon Jemaah Haji Asal Lumajang Batal Berangkat, 1 Meninggal, 2 TBC, dan 1 Hamil

Kompas.com - 15/06/2022, 11:48 WIB
Miftahul Huda,
Andi Hartik

Tim Redaksi

LUMAJANG, KOMPAS.com - Sebanyak empat orang calon jemaah haji (CJH) dari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, batal berangkat ke Tanah Suci bersama rombongan kelompok terbang (kloter) 18.

Empat orang itu batal berangkat dengan berbagai sebab, yakni satu orang meninggal dunia, dua orang positif mengidap TBC, dan satu orang hamil.

Akibatnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Indah Amperawati hanya memberangkatkan 348 jemaah dari yang awalnya berjumlah 352 jemaah.

Baca juga: Pesona Buah Pinang, Dulu Diabaikan, Kini Jadi Primadona Warga Lumajang

"Pagi ini, saya dan Bunda Indah memberangkatkan 348 jemaah. Ada empat jemaah yang tidak bisa berangkat dari 352 jemaah yang masuk kloter 18," kata Thoriq di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (15/6/2022).

Thoriq mengimbau kepada para jemaah calon haji untuk saling menjaga satu sama lain dan saling membantu saat tiba di Tanah Suci.

Baca juga: Kisah Anna, Gadis 19 Tahun Naik Haji Gantikan Ayahnya 3 Bulan Lalu Meninggal, padahal Sudah Menunggu 12 Tahun

Ia berharap semua jemaah yang diberangkatkannya bisa menuntaskan seluruh rangkaian ibadah haji dan pulang ke Lumajang dengan selamat.

"Nanti harus saling membantu antara satu jemaah dengan jemaah yang lain, seperti yang muda menjaga yang sepuh," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati berpesan agar seluruh jemaah dapat menyelipkan doa untuk Kabupaten Lumajang supaya menjadi lebih baik serta dijauhkan dari segala macam musibah.

Indah juga menitipkan doa agar wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan virus Covid-19 bisa segera diangkat dari bumi Lumajang sehingga bisa memberikan pemulihan ekonomi untuk masyarakat.

"Tadi kami menitipkan doa untuk masyarakat Lumajang supaya tuntas permasalahan, dan berdoa agar Lumajang diberikan keselamatan dan kesejahteraan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com