Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Luncurkan Cak Beki Maskot Porprov VII Jatim 2022, Ini Maknanya...

Kompas.com - 14/06/2022, 18:03 WIB
Bagus Supriadi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meluncurkan logo dan maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 di Pendopo Kabupaten Jember, Selasa (14/6/2022).

Maskot yang diluncurkan adalah Cak Beki, yang merupakan maskot Porprov Jatim. Lalu, Si Jura yang menjadi maskot dari Kabupaten Jember, Si Rancak dari Kabupaten Lumajang, Si Ulung dari Bondowoso, dan Si Babal dari Situobondo.

Maskot Cak Beki memiliki wujud seperti ayam bekisar. Maknanya menggambarkan keberanian, kelincahan, dan kekuatan, warga Jawa Timur.

Sementara itu, maskot milik Kabupaten Jember, Si Jura berbentuk macan raung. Maknanya perkasa, kuat, eksotik, dan indah. Atlet dari Jember diharapkan mengusung sifat itu untuk memenangkan seluruh cabang olahraga.

Maskot dari Kabupaten Lumajang yang diberi nama Si Rancak merupakan singkatan dari Si Jaran Kencak. Maskot ini menggambarkan kesenian khas Lumajang yang bermakna kelincahan, kecepatan, kekuatan, ketangkasan, dan menjunjung tinggi sportivitas.

Sedangkan Si Ulung yang menjadi maskot dari Kabupaten Bondowoso diambil dari nama Singo Ulung, salah satu warisan budaya tak benda dari wilayah itu. Maskot itu dinilai selaras dengan semangat para atlet untuk meraih prestasi.

Baca juga: Suami Istri Debitur Bank Jatim Ditahan, Jadi Tersangka Kredit Fiktif Puluhan Miliar

Maskot Si Ulung terlihat memegang obor dan memakai jaket merah sebagai lambang keberanian dan berkompetisi. Maskot itu juga mengenakan kaus bergaris hijau dan putih yang menggambarkan alam Bondowoso yang subur dan terjaga.

Maskot dari Situbondo yang diberi nama Si Babal merupakan singkatan dari Banteng Baluran. Maskot ini terinspirasi dari hewan yang menjadi ikon Taman Nasional Baluran. Banteng merupakan hewan sosial yang kuat, gesit, dan tangguh.

Logo Porprov Jatim 2022 sebenarnya tak jauh berbeda dengan perhelatan sebelumnya. Logo itu berbentuk gapura khas Jawa Timur dan obor api melambangkan kobaran semangat para atlet untuk mengejar prestasi.

Ketua KONI Jatim M Nabil menyampaikan, Porprov VII Jatim 2022 akan digelar di empat daerah. Di antaranya Jember, Lumajang, Situbondo, dan, Bondowoso, mulai 25 Juni hingga 2 Juli 2022.

Nabil menyampaikan, ada 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan enam cabang olahraga baru yang dieksebisikan.

"Jumlah peserta yang ikut 10.151 atlet, ofisial tim 823, ofisial cabor 3.512, Total ada 14.486 peserta yang hadir di Porprov VII ini," kata dia usai kegiataan launching di Pendopo Bupati Jember.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com