Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Menegangkan Tim SAR Evakuasi 2 Kakek yang Terjebak Banjir Lahar Dingin Semeru

Kompas.com - 03/01/2022, 18:01 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan berhasil menyelamatkan dua kakek yang terjebak banjir lahar dingin Gunung Semeru di Desa Bades, Kecamatan Pasirin, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (2/1/2022) sore.

Dilansir dari Antara, dua kakek itu adalah Suara (60) dan Buang (50). Menurut warga, saat banjir lahar dingin terjadi, kedua kakek itu sedang bekerja di ladang.

Baca juga: Banjir Lahar Dingin Semeru, Jembatan Antardesa di Lumajang Putus

Buang dan Suara akhirnya terjebak bersama kerbau peliharaan mereka karena aliran Sungai Regoyo yang cukup deras akibat banjir lahar dingin.

"Kami mengevakuasi warga yang lebih tua dulu, yakni pak Suara selesai dievakuasi pukul 01.15 WIB dan evakuasi kedua pak Buang selesai pukul 01.45 WIB," kata Danramil Pasirian Kapten Arm Ony Arianto, Senin (3/1/2022).

Baca juga: 10 Jam Nyawa Terancam, 2 Lansia yang Terjebak Banjir Lahar Hujan Dievakuasi dengan Tali

Kronologi

Dua Lansia yang Berhasil di evakuasi Oleh Petugas Gabungan yang Sempat Terjebak Banjir Lahar Dingin di Sungai Regoyo Dusun Krajan Desa Bades Kecamatan Pasiran, Senin (03/01/2022) Dini Hari tadi.Dok Istimewa BPBD Lumajang Dua Lansia yang Berhasil di evakuasi Oleh Petugas Gabungan yang Sempat Terjebak Banjir Lahar Dingin di Sungai Regoyo Dusun Krajan Desa Bades Kecamatan Pasiran, Senin (03/01/2022) Dini Hari tadi.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Joko Sambang mengatakan, proses evakuasi dilakukan oleh Tim SAR gabungan.

Evakuasi dilakukan dengan hati-hati karena volume debit air tidak kunjung surut dan waspada banjir lahar dingin susulan.

Pada Minggu (2/1) pukul 23.00 WIB, tim evakuasi dari BPBD Kabupaten Lumajang tiba di lokasi aliran Sungai Regoyo Dusun Krajan, Desa Bades ,Kecamatan Pasirian.

Baca juga: Pemkab Klaten Anggarkan Rp 5 Miliar untuk Perbaiki Jalur Evakuasi Gunung Merapi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com